Ticker

6/recent/ticker-posts

Jenis-jenis komunikasi dalam jaringan





Komunikasi daring dapat dipisahkan berdasarkan bentuk, maupun metode
penyampaiannya. Bentuk-bentuk komunikasi antara lain adalah:
Sedangkan berdasarkan metode penyampaiannya, komunikasi daring dapat
dibagi menjadi 2, yaitu:


A. Komunikasi Online ASynchronous
Komunikasi Online tidak langsung atau asynchronous adalah Komputer
memediasi komunikasi secara tunda dimana orang-orang berkomunikasi dalam
mode tertunda oleh komputer. Contoh komunikasi online aSynchronous adalah:
e-mail, forum, dan membaca dan menulis dokumen online melalui World Wide
Web.


B. Komunikasi Online Synchronous
Komunikasi Onlinesecara langsung atau synchronous adalah mediasi komputer
untuk komunikasi yang terjadi dalam waktu bersamaan. Contoh komunikasi
Synchronous antara lain:


Ø Text chat
Text chat adalah sebuah feature, apalikasi, atau program dalam jaringan internet
untuk berkomunikasi dan bersosialisasi langsung sesama pemakai internet yang
sedang online (yang sedang sama - sama menggunakan internet). Komunikasi
text dapat mengirim pesan dengan teks atau suara kepada orang lain yang
sedang online, kemudian orang yang dituju membalas pesan dengan teks,
demikian seterusnya, itulah proses terjadinya text Chatting.


Ø Video Audio
Video chat merupakan teknologi untuk melakukan interaksi audio dan video
secara real time antara pengguna di lokasi-lokasi yang berbeda. Video chatting
biasanya dilakukan melalui perangkat computer maupun tablet atau smartphone
(juga disebut telepon video chatting).Video chatting dapat melibatkan point-topoint (atau satu-satu) interaksi, seperti FaceTime dan Skype, atau interaksi
multipoint (atau satu-ke-banyak), seperti dalam Google Hangouts.


Video chatting sering salah kaprah dengan istilah videoconference dan ada
banyak tumpang tindih antara keduanya, dalam kebanyakan kasus
videoconference mengacu pada multipoint (3 atau lebih peserta) audio dan video
interaksi dikerahkan di lingkungan bisnis, sedangkan video chatting paling sering
merujuk kepada satu ke satu panggilan video yang dilakukan melalui perangkat
lunak aplikasi seperti Skype, FaceTime, Facebook Video Chat dan ooVoo.


a. Fungsi Komunikasi Daring
Beberapa fungsi dari komunikasi daring adalah:

Ø Kendali : komunikasi bertindak untuk mengendalikan prilaku anggota dalam
beberapa cara, setiap organisasi mempunyai wewenang dan garis panduan
formal yang harus dipatuhi oleh karyawan.

Ø Motivasi : komunikasi membantu perkembangan motivasi dengan
menjelaskan kepada para karyawan apa yang harus dilakukan bagaimana
mereka bekerja baik dan apa yang dapat dikerjakan untuk memperbaiki
kinerja jika itu di bawah standar.

Ø Pengungkapan emosional : bagi banyak karyawan kelompok kerja mereka
merupakan sumber utama untuk interaksi sosial, komunikasi yang terjadi di
dalam kelompok itu merupakan mekanisme fundamental dengan mana
anggota-anggota menunjukkan kekecewaan dan rasa puas mereka oleh
karena itu komunikasi menyiarkan ungkapan emosional dari perasaan dan
pemenuhan kebutuhan sosial.


Ø Informasi : komunikasi memberikan informasi yang diperlukan individu dan
kelompok untuk mengambil keputusan dengan meneruskan data guna
mengenai dan menilai pilihan-pilihan alternatif (Robbins, 2002 : 310-311).

Post a Comment

0 Comments