Alat multimedia saat ini tidak hanya menggunakan komputer saja.
Alat
komunikasi seperti HP pun sudah menjadi sebuah perangkat multimedia yang
semakin canggih. Dengan menggunakan HP yang terbaru kita bisa
menggunakan fasilitas teleconference, menonton TV, mengakses internet dan
berbagai fasilitas wireless (koneksi tanpa kabel) lainnya.
Selain HP atau ponsel, kamera digital saat ini juga sudah berfungsi sebagai
perangkat multimedia yang dapat menyajikan suara, teks, animasi walaupun
belum dapat mengakses internet.
komunikasi seperti HP pun sudah menjadi sebuah perangkat multimedia yang
semakin canggih. Dengan menggunakan HP yang terbaru kita bisa
menggunakan fasilitas teleconference, menonton TV, mengakses internet dan
berbagai fasilitas wireless (koneksi tanpa kabel) lainnya.
Selain HP atau ponsel, kamera digital saat ini juga sudah berfungsi sebagai
perangkat multimedia yang dapat menyajikan suara, teks, animasi walaupun
belum dapat mengakses internet.
Secara umum, perangkat multimedia dikelompokkan menjadi dua,
yaitu
perangkat keras dan perangkat lunak.
perangkat keras dan perangkat lunak.
1) Perangkat keras multimedia
Perangkat keras multimedia terdiri dari antara lain sebuah sistem komputer
dengan spesifikasi tertentu, kamera digital, scanner, printer
Perangkat keras multimedia terdiri dari antara lain sebuah sistem komputer
dengan spesifikasi tertentu, kamera digital, scanner, printer
o Sistem komputer
Sistem komputer untuk multimedia minimal menggunakan prosesor
Pentium 3, memori 256 MB, memiliki soundcard.
Sistem komputer untuk multimedia minimal menggunakan prosesor
Pentium 3, memori 256 MB, memiliki soundcard.
o Kamera digital
Kamera digital adalah alat untuk membuat gambar dari obyek untuk
selanjutnya dibiaskan melalui lensa kepada sensor CCD (ada juga yang
menggunakan sensr CMOS) yang hasilnya kemudian direkam dalam
format digital ke dalam media simpan digital. Karena hasilnya disimpan
secara digital maka hasil rekam gambar ini harus diolah menggunakan
pengolah digital pula semacam komputer atau mesin cetak yang dapat
membaca media simpan digital tersebut. Kemudahan dari kamera digital
adalah hasil gambar yang dengan cepat diketahui hasilnya secara instan,
Kamera digital adalah alat untuk membuat gambar dari obyek untuk
selanjutnya dibiaskan melalui lensa kepada sensor CCD (ada juga yang
menggunakan sensr CMOS) yang hasilnya kemudian direkam dalam
format digital ke dalam media simpan digital. Karena hasilnya disimpan
secara digital maka hasil rekam gambar ini harus diolah menggunakan
pengolah digital pula semacam komputer atau mesin cetak yang dapat
membaca media simpan digital tersebut. Kemudahan dari kamera digital
adalah hasil gambar yang dengan cepat diketahui hasilnya secara instan,
kemudahan memindahkan hasil (transfer), dan penyuntingan
warna,
ketajaman, kecerahan dan ukuran yang dapat dilakukan dengan relatif
lebih mudah daripada kamera manual.
ketajaman, kecerahan dan ukuran yang dapat dilakukan dengan relatif
lebih mudah daripada kamera manual.
o Proyektor LCD
Proyektor LCD merupakan salah satu jenis proyektor yang digunakan
untuk menampilkan video, gambar, atau data dari komputer pada sebuah
layar atau sesuatu dengan permukaan datar seperti tembok,
dsb. Proyektor jenis ini merupakan jenis yang lebih modern dan
merupakan teknologi yang dikembangkan dari jenis sebelumnya dengan
fungsi sama yaitu Overhead Projector (OHP) karena pada OHP datanya
masih berupa tulisan pada kertas bening. Proyektor LCD biasanya
digunakan untuk menampilkan gambar pada presentasi atau perkuliahan,
tapi juga bisa digunakan sebagai aplikasi home theater.
Proyektor LCD merupakan salah satu jenis proyektor yang digunakan
untuk menampilkan video, gambar, atau data dari komputer pada sebuah
layar atau sesuatu dengan permukaan datar seperti tembok,
dsb. Proyektor jenis ini merupakan jenis yang lebih modern dan
merupakan teknologi yang dikembangkan dari jenis sebelumnya dengan
fungsi sama yaitu Overhead Projector (OHP) karena pada OHP datanya
masih berupa tulisan pada kertas bening. Proyektor LCD biasanya
digunakan untuk menampilkan gambar pada presentasi atau perkuliahan,
tapi juga bisa digunakan sebagai aplikasi home theater.
o Headset
Headset adalah gabungan antara headphone dan mikrofon. Alat ini
biasanya digunakan untuk mendengarkan suara dan berbicara dengan
perangkat komunikasi atau komputer
Headset adalah gabungan antara headphone dan mikrofon. Alat ini
biasanya digunakan untuk mendengarkan suara dan berbicara dengan
perangkat komunikasi atau komputer
o Scanner
Scanner adalah alat yang digunakan untuk mengambil gambar benda
atau foto dan menyimpannya dalam format digital berupa file di dalam
komputer. Cara kerja scanner adalah mengubah cahaya menjadi data
digital dalam format 0 dan 1. Data tersebut, oleh manusia, akan terlihat
sebagai sebuah gambar objek yang jelas. Contoh penggunaan prinsip
scanner dapat dijumpai pada mesin fotocopy, mesin fax, mesin pembaca
barcode di tempat perbelanjaan, serta mesin pemeriksa lembar jawaban
komputer.
Scanner adalah alat yang digunakan untuk mengambil gambar benda
atau foto dan menyimpannya dalam format digital berupa file di dalam
komputer. Cara kerja scanner adalah mengubah cahaya menjadi data
digital dalam format 0 dan 1. Data tersebut, oleh manusia, akan terlihat
sebagai sebuah gambar objek yang jelas. Contoh penggunaan prinsip
scanner dapat dijumpai pada mesin fotocopy, mesin fax, mesin pembaca
barcode di tempat perbelanjaan, serta mesin pemeriksa lembar jawaban
komputer.
2) Perangkat lunak multimedia
Perangkat lunak multimedia adalah komponen-komponen dalam data
processing system, berupa program-program untuk mengontrol
bekerjanya sistem komputer multimedia. Perangkat lunak ini digolongkan
menjadi tiga bagian yaitu bahasa pemrograman multimedia, perangkat
lunak sistem multimedia dan perangkat lunak aplikasi multimedia.
Perangkat lunak multimedia adalah komponen-komponen dalam data
processing system, berupa program-program untuk mengontrol
bekerjanya sistem komputer multimedia. Perangkat lunak ini digolongkan
menjadi tiga bagian yaitu bahasa pemrograman multimedia, perangkat
lunak sistem multimedia dan perangkat lunak aplikasi multimedia.
o Bahasa Pemrograman Multimedia
Bahasa pemrograman Multimedia adalah bahasa-bahasa yang
digunakan programmer untuk membuat aplikasi multimedia. Contohnya
Assembly, C, C++, Power Builder, Delphi, SQL, Visual Basic dan Java.
Bahasa pemrograman Multimedia adalah bahasa-bahasa yang
digunakan programmer untuk membuat aplikasi multimedia. Contohnya
Assembly, C, C++, Power Builder, Delphi, SQL, Visual Basic dan Java.
o Perangkat Lunak Sistem (System Software)
Perangkat lunak ini terdiri dari Sistem operasi (Operating System)
misalnya DOS (Disc Operating System), Windows 95/98/ME, Windows
NT/2000, Windows XP, Windows Vista, UNIX, Linux atau Mac OS.
Perangkat lunak lainnya adalah aplikasi utilitas (utility application)
misalnya aplikasi Antivirus.
Perangkat lunak ini terdiri dari Sistem operasi (Operating System)
misalnya DOS (Disc Operating System), Windows 95/98/ME, Windows
NT/2000, Windows XP, Windows Vista, UNIX, Linux atau Mac OS.
Perangkat lunak lainnya adalah aplikasi utilitas (utility application)
misalnya aplikasi Antivirus.
o Perangkat Lunak Aplikasi Multimedia
Perangkat lunak aplikasi multimedia merupakan aplikasi-aplikasi yang
dibuat oleh personal atau organisasi untuk user yang beroperasi
dalam bidang-bidang multimedia spesifik seperti grafik 2D, modeling
dan animasi.
Perangkat lunak aplikasi multimedia merupakan aplikasi-aplikasi yang
dibuat oleh personal atau organisasi untuk user yang beroperasi
dalam bidang-bidang multimedia spesifik seperti grafik 2D, modeling
dan animasi.
a) Perangkat Pengolah Teks
Aplikasi pengolah teks yang banyak digunakan misalnya Microsoft
Word, Word Star for Windows, Word Perfect dan Star Writer,
sedangkan beberapa aplikasi pengolah teks yang bersifat open
source misalnya Open Writer, KWriter dan Abi Word.
Aplikasi pengolah teks yang banyak digunakan misalnya Microsoft
Word, Word Star for Windows, Word Perfect dan Star Writer,
sedangkan beberapa aplikasi pengolah teks yang bersifat open
source misalnya Open Writer, KWriter dan Abi Word.
b) Perangkat Lunak Pengolah Animasi dan Grafik 2D
Aplikasi pengolah grafik 2D dibagi menjadi dua bagian yaitu:
- Grafik 2D Vector, misalnya Corel Draw, Macromedia Freehand dan
Adobe Illustrator.
- Grafik 2D Image (Raster), misalnya Adobe Photoshop, Jasc Paint
Shop Pro, Gimp.
Animasi, misalnya Macromedia Flash.
Aplikasi pengolah grafik 2D dibagi menjadi dua bagian yaitu:
- Grafik 2D Vector, misalnya Corel Draw, Macromedia Freehand dan
Adobe Illustrator.
- Grafik 2D Image (Raster), misalnya Adobe Photoshop, Jasc Paint
Shop Pro, Gimp.
Animasi, misalnya Macromedia Flash.
c) Perangkat Lunak Pengolah Animasi dan Modeling Grafik 3D
Contoh dari perangkat lunak Animasi dan modeling Grafik 3D
adalah 3D Studio MAX, Maya, Softimage, LightWave, Blender dan
lain sebagainya.
Contoh dari perangkat lunak Animasi dan modeling Grafik 3D
adalah 3D Studio MAX, Maya, Softimage, LightWave, Blender dan
lain sebagainya.
d) Perangkat Lunak Authoring Multimedia
Authoring merupakan aplikasi komputer yang memberikan
peluang kepada pengguna untuk mengembangkan sebuah
perangkat lunak dengan dragging dan dropping berbagai objek multimedia tanpa harus mengetahui penggunaan dan pemahaman
bahasa pemrograman, misalnya Macromedia Authoring, sedangkan
aplikasi authoring yang dilengkapi dengan pemrograman misalnya
Macromedia Director dengan dilengkapi Lingo (Bahasa
pemrograman).
Authoring merupakan aplikasi komputer yang memberikan
peluang kepada pengguna untuk mengembangkan sebuah
perangkat lunak dengan dragging dan dropping berbagai objek multimedia tanpa harus mengetahui penggunaan dan pemahaman
bahasa pemrograman, misalnya Macromedia Authoring, sedangkan
aplikasi authoring yang dilengkapi dengan pemrograman misalnya
Macromedia Director dengan dilengkapi Lingo (Bahasa
pemrograman).
Jenis perangkat ini dibagi menjadi tiga kategori yaitu authoring
berbasis halaman, authoring berbasis icon dan authoring berbasis
waktu.
berbasis halaman, authoring berbasis icon dan authoring berbasis
waktu.
Authoring berbasis halaman merupakan authoring yang
bekerja berbasis halaman atau buku dengan mengorganisasi
elemen-elemen dalam halaman atau buku tersebut. Contoh dari
aplikasi ini adalah HyperCard dan ToolBook Assistant.
Authoring berbasis icon menggunakan konsep flowchart
untuk membuat aliran elemen-elemen multimedia yang
dihubungkan bersama atau secara sendiri-sendiri yang secara khusus
menampilkan diagram alir aktivitas sepanjang jalur percabangan,
contohnya adalah Microsoft Power Point dan Macromedia
Authorware.
bekerja berbasis halaman atau buku dengan mengorganisasi
elemen-elemen dalam halaman atau buku tersebut. Contoh dari
aplikasi ini adalah HyperCard dan ToolBook Assistant.
Authoring berbasis icon menggunakan konsep flowchart
untuk membuat aliran elemen-elemen multimedia yang
dihubungkan bersama atau secara sendiri-sendiri yang secara khusus
menampilkan diagram alir aktivitas sepanjang jalur percabangan,
contohnya adalah Microsoft Power Point dan Macromedia
Authorware.
Authoring berbasis waktu merupakan pengembangan paket
multimedia sebagai pengorganisasian objek sepanjang lini waktu.
Frame yang diorganisasikan secara berurut kemudian ditampilkan
kembali kepada pengguna. Contoh aplikasi yang menggunakan cara
ini adalah Macromedia Director.
Authoring DVD adalah aplikasi yang digunakan untuk
menampilkan menu interaktif movie, contohnya adalah Pinnacle
Impression, Sonic ReelDVD dan Ulead DVD Workshop.
multimedia sebagai pengorganisasian objek sepanjang lini waktu.
Frame yang diorganisasikan secara berurut kemudian ditampilkan
kembali kepada pengguna. Contoh aplikasi yang menggunakan cara
ini adalah Macromedia Director.
Authoring DVD adalah aplikasi yang digunakan untuk
menampilkan menu interaktif movie, contohnya adalah Pinnacle
Impression, Sonic ReelDVD dan Ulead DVD Workshop.
e) Perangkat Lunak Aplikasi Berbasis Web
Contoh produk-produk mendesain web antara lain adalah
Macromedia Flash yang digunakan untuk membuat animasi grafis
pada web, Macromedia Dreamweaver dan Microsoft Front Page.
Contoh produk-produk mendesain web antara lain adalah
Macromedia Flash yang digunakan untuk membuat animasi grafis
pada web, Macromedia Dreamweaver dan Microsoft Front Page.

0 Comments